6 Cara agar Anak Pintar Kerjakan Soal Matematika, Orangtua Harus Tahu

Sedang Trending 1 minggu yang lalu 24

KOMPAS.com - Mengajari anak-anak bisa pintar mengerjakan soal matematika mungkin membuat orangtua sedikit pusing.

Namun, sebenarnya mengajari anak bisa mengerjakan matematika tidak terlalu sulit, jika orangtua paham langkah-langkahnya.

Perlu dipahami orangtua, saat anak-anak merasa matematika sulit, maka hal itu berdampak pada psikis anak.

Jika anak-anak dipaksa memiliki nilai sempurna, bisa saja mereka semakin stres. 

Sehingga, mengajari anak-anak pintar mengerjakan matematika bukan untuk mendapat nilai tertinggi, melainkan agar anak bisa memecahkan soal dengan kritis dan tenang. 

Dosen Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Junaidi Fery Effendi menyebut, pembelajaran matematika tidak hanya sekadar mengutak-atik angka dan rumus.

Namun juga mengajarkan anak untuk berpikir rasional, melatih sikap cerdik, taktis dalam menghadapai sesuatu, dan tidak gampang menyerah.

Junaidi membagikan sejumlah tips untuk meningkatkan kemampuan berhitung matematika pada anak.

Pertama, jangan menyerah sebelum memulai. Sikap menyerah akan menghambat anak untuk mengembangakan kemampuan.

Jika dibiarkan terus menerus, kemampuan matematika akan semakin menurun, peran orang tua sangat dibutuhkan sebagai enactment anak untuk terus belajar.

"Kedua kurangi menggunakan kalkulator, terlalu sering menggunakan kalkulator dalam berhitung akan membuat kemampuan dan ketelitian berhitung menjadi tumpul dan ketergantugan saat dewasa nanti," tutur Junaidi dilansir dari laman UM Surabaya.

Ketiga, biasakan anak untuk memahami satu materi, baru ke materi yang lain. 

Secara umum materi pelajaran matematika disusun dengan pola tertentu, yaitu dari relatif sederhana ke yang lebih rumit.

"Contohnya ajarkan anak pada level dasar, kemudian level pertengahan dan dilanjutkan pada level sulit. Jika belum menguasai materi level dasar jangan berharap untuk mahir pada level advanced," kata dia.

Keempat, perbanyak latihan. Jika anak sudah menguasai materi, hal yang perlu dilakukan adalah sering-sering berlatih.

Kunci dari hitung-hitungan matematika adalah sering berlatih, semakin sering berlatih akan menemukan beragam tingkat kesulitan dan tertantang untuk menyelesaikan.

Kelima bermain game. Junaidi menyebut banyak crippled hitung-hitungan matematika di playstore yang bisa dimanfaatkan, selain membuat lebih rileks, hal ini akan meningkatkan skill berhitung pada anak.

Keenam, gunakan matematika di setiap kegiatan keseharian.

Misalnya, saat sedang berjalan kaki dan menghitung langkah kaki, saat membeli sesuatu, menghitung luas ruangan dan beberapa space saat mengatur kamar, dan lain sebagainya.

"Orangtua bisa melibatkan anak dengan kegiatan jual beli di dalam rumah, misal dengan menjual snack kecil-kecilan. Selain menyenangkan untuk bermain bersama, hal ini juga melatih anak untuk belajar berhitung," tutup Junaidi.

Please Subscribe our channel