7 Trik bikin adonan cilok, praktis dan tetap empuk meski sudah dingin

Sedang Trending 2 bulan yang lalu 29
7 Trik bikin adonan cilok, praktis dan tetap empuk meski sudah dingin

TikTok/@srirahmawati392

Brilio.net - Jajanan khas Bandung memang banyak sekali macamnya. Kebanyakan jajanan Sunda ini dibuat pakai tepung tapioka atau sagu. Biasa disebut juga dengan aci, sehingga teksturnya cenderung kenyal. Nah, biar adonan semakin padat, umumnya ditambahkan dengan tepung terigu. Contoh olahan aci ialah cilor, cimol, cilok, dan lainnya.

Untuk cilok sendiri, makanan satu ini sekilas memang mirip bakso. Tapi, adonan cilok tak dibuat menggunakan bahan dasar daging seperti bakso. Usai adonan dibuat kemudian diisi dengan potongan daging dan bahan lainnya. Membuat adonan cilok ini dikenal gampang-gampang susah, lho. Jika belum tahu caranya, bisa-bisa hasil cilok jadi keras, terutama saat kondisinya sudah dingin.

Kendati demikian, rupanya ada trik bikin cilok biar teksturnya begitu empuk bahkan hingga camilan satu ini sudah tak lagi hangat, lho. Trik ini dibagikan oleh warganet bernama Sri Rahmawati lewat unggahan di TikToknya. Rahasia biar cilok nggak keras ada pada langkah mengolah dan memasak adonannya dengan tepat.

"Cilok antigagal walaupun udah dingin ciloknya tetap empuk," jelasnya.

Penasaran gimana caranya bikinnya? Berikut tujuh trik bikin adonan cilok yang antigagal dan tetap empuk meski sudah dingin. Dilansir BrilioFood dari TikTok/@srirahmawati392 pada Jumat (25/11).

Bahan yang dibutuhkan:
- 250 gr tepung terigu
- 250 gr tepung tapioka
- 600 ml air
- 5 siung bawang putih halus
- 1 bungkus kaldu bubuk
- 1 sdt garam
- 1 sdt merica bubuk
- Daun bawang, pangkas halus
- Isian cilok sesuai selera

(brl/lut)

Please Subscribe our channel